Cara Menerbitkan Buku

Halo penulis!
Membukukan sebuah karya adalah pencapaian awal seorang penulis untuk membuka kesempatan mencapai hal-hal besar selanjutnya. Tumpukan tulisan di buku catatanmu, files dan notes di handphone/laptopmu, bisa kamu jadikan sebagai sumber pembelajaran orang lain atau dirimu sendiri. Ayo, bukukan tulisanmu daripada lama-lama hanya menjadi coretan usang!

Tertarik untuk membukukan naskahmu di KITA Publisher? Simak prosedur dan penjelasan di bawah ini!

A. ALUR TERBIT KITA PUBLISHER

Menerbitkan buku di KITA Publisher bisa dengan dua cara/jalur: bisa kirim naskah dulu (jalur normal) atau konfirmasi pembayaran dulu (jalur booking).

A1. Jalur Normal

PENULIS KIRIM NASKAH – redaksi merespons – PENULIS KONFIRMASI PEMBAYARAN – redaksi memverifikasi dan mengirim form pendataan naskah – penulis kirim balik form pendataan naskah – REDAKSI MEMPROSES NASKAH – redaksi mengirimkan naskah pracetak ke email penulis – PENULIS MEREVIEW – redaksi merevisi (jika ada) dan finalisasi – penulis cek dan setuju dengan naskah final – PROSES CETAK – percetakan mengirim buku ke penulis dan pemesan-pemesan lainnya – redaksi mengunggah gambar dan spesifikasi buku ke web dan medsos sebagai bentuk promo

A2. Jalur Booking

PENULIS KONFIRMASI PEMBAYARAN – redaksi memverifikasi – PENULIS KIRIM NASKAH – redaksi kirim form pendataan naskah – penulis kirim balik form pendataan naskah – REDAKSI MEMPROSES NASKAH – redaksi mengirimkan naskah pracetak ke email penulis – PENULIS MEREVIEW – redaksi merevisi (jika ada) dan finalisasi – penulis cek dan setuju dengan naskah final – PROSES CETAK – percetakan mengirim buku ke penulis dan pemesan-pemesan lainnya – redaksi mengunggah gambar dan spesifikasi buku ke web dan medsos sebagai bentuk promo.

B. BAGAIMANA PROSEDUR UNTUK BOOKING JADWAL TERBIT?

1. Request booking melalui kontak WA/Telegram 081377790601 untuk dapat info jadwal terbit yang tersedia. Jadwal terbit yang bisa di-booking hanya bulan (jadwal terbit Jan, Feb, Mar, dst), tidak bisa booking tanggal atau hari.
2. Booking dicatat jika biaya penerbitan sudah ditransfer sebesar Rp500.000 untuk naskah 100 hal A4 (jika naskahmu nanti lebih dari 100 hal A4, sisa biaya dapat dilunasi belakangan).
3. Konfirmasi pembayaran ke email books@lembagakita.org dengan subjek BOOKING BULAN XXX_NAMA PENULIS
4. Naskah dikirim ke email paling lambat 1 bulan sebelum jadwal terbit yang dipilih sebelumnya. Contoh: jika jadwal terbit yang dipilih bulan Agustus 2020, maka naskahmu dikirim ke email paling lambat 1 Juli 2020.
5. Kamu dapat menjadwalkan ulang jadwal terbit yang dipilih sebanyak 1x (maksimal 3 bulan setelah jadwal terbit yang dipilih sebelumnya). Penjadwalan ulang lebih dari 1x akan dikenai denda 50% biaya terbit.

C. BERAPA LAMA PROSES PENERBITAN DI KITA PUBLISHER?

Lama proses naskah oleh redaksi tergantung antrean naskah yang masuk, sedangkan lama proses cetak sekitar 2 minggu. Untuk jalur penerbitan normal, antrean bisa 2-4 bulan.

D. NASKAH APA SAJA YANG DITERIMA KITA PUBLISHER?

Kami menerima semua jenis naskah selama naskahmu tidak melanggar hukum dan tidak melanggar undang-undang hak cipta; karya tersebut hasil karya sendiri, bukan saduran atau jiplakan.
1. Jumlah penulis
Menerima naskah yang ditulis seorang penulis, berdua, dan berkelompok.
2. Jenis naskah
Menerima semua jenis naskah fiksi maupun nonfiksi: novel, kumpulan puisi/cerpen/prosa/artikel, kisah inspiratif, buku ajar, buku motivasi, liputan, dll
3. Genre
Menerima segala macam genre: romance, comedy, horror, sampai fantasy, dll
Naskah terbitan KITA Publisher melalui serangkaian proses pracetak oleh redaksi dan telah lolos standar baku kami sebelum terbit di pasar online.

E. APA SAJA YANG HARUS DISIAPKAN?

E1. Draft naskah

a. Ketik di Ms.Word (doc/docx) dengan format:
– Font: Times New Roman 12
– Line spacing: 1.5
– Align Text: Justify (rata kanan-kiri)
– Margin: default/normal/2,54 cm untuk kanan, kiri, atas, bawah
– Size: A4
– Minimal 40 halaman untuk semua jenis naskah (supaya buku tidak terlalu tipis)

b. Jangan lupa naskah dilengkapi dengan:
– Halaman dedikasi/kata pengantar/ucapan terima kasih/sejenisnya
– Blurb/sinopsis untuk ditampilkan di sampul belakang
– Biodata penulis untuk ditampilkan di lembar terakhir buku (rincian bebas)
– Catatan: seluruhnya dikirim dalam 1 FILE (tidak dipisah-pisah). Urutan peletakan tidak harus sesuai urutan di atas. Untuk halaman judul, nomor halaman, daftar isi, dan ringkasan naskah tidak wajib disertakan.

c. Setelah selesai, kirim file naskah dalam attachment ke books@lembagakita.org dengan subjek email NASKAH TERBIT_JUDUL BUKU_PENULIS. Contoh: NASKAH TERBIT_ANTARA LANGIT DAN BUMI_ANNABELA

d. Wajib infokan di badan email jika naskahmu terdapat tabel, gambar, huruf asing (hijaiyah, kanji, hangul, dll) atau bentuk lain selain paragraf.

e. Tunggu respon redaksi maksimal 3 hari kerja via email (komunikasi dengan redaksi hanya via email). Respon redaksi berupa: jadwal terbit yang tersedia (atau yang kamu pilih jika sudah booking sebelumnya), jumlah yang perlu ditransfer, nomor rekening, dan info lainnya yang diperlukan.

E2. Biaya penerbitan

a. Kami menawarkan paket lengkap seharga Rp500.000 (maksimal isi naskah 100 halaman A4). Lebih dari 100 halaman dikenai biaya tambahan Rp. 2000/halaman. Berlaku untuk naskah dan konfirmasi pembayaran yang masuk per 8 Juni 2021. Biaya dapat ditransfer ke rekening BCA/Mandiri/BSI yang nomor rekeningnya akan diberitahu setelah naskah dikirim atau setelah request booking. Kami segera memproses naskah setelah kamu mentransfer lunas pembayaran.

b. Kami juga menerima naskah berbahasa Inggris dengan tambahan biaya proofread Rp50.000 per 50 halaman A4 (di luar biaya penerbitan Rp500.000).

c. Jika kamu punya voucher penerbitan yang diperoleh dari lomba menulis KITA Publihser atas prestasimu sebagai juara/penulis terpilih, maka biaya penerbitan dikurangi nominal voucher tersebut. Kirimkan voucher bersama naskah atau bersama bukti pembayaran ke email.

F. FASILITASNYA APA SAJA?

Setiap naskah yang masuk ke redaksi, akan diberikan fasilitas lengkap berikut tanpa kecuali:
– Edit ejaan dan tanda baca sesuai KBBI dan PUEBI (tanpa mengubah isi)
– Tata letak/layout isi naskah
– Desain sampul standar dengan kesempatan revisi 1x (kamu boleh mengajukan sampul sendiri/request ke tim redaksi/tidak request dan menyerahkan sepenuhnya ke tim redaksi)
– Mendapatkan nomor ISBN (international standard book number)
– Buku dicetak 5 eksemplar; 2 buku untuk Perpustakaan Nasional (syarat ISBN), 1 buku untuk penerbit, 2 buku untuk penulis gratis ongkir
– Rincian buku: sampul laminasi glossy, isi kertas A5 bookpaper print hitam-putih, dan segel plastik wrapping
– Sistem POD atau cetak buku berkala tanpa minimal pemesanan (setiap ada yang pesan, kami siap cetak di jadwal cetak terdekat)
– Jasa penjualan, pengiriman buku, dan bantuan promosi di media sosial dan website
– Jasa laporan penjualan dan transfer royalti setiap bulan

Catatan:
1. Fasilitas di atas tetap diberikan biarpun kamu sebagai penulis sudah mengedit/melayout/mempunyai sampul sendiri untuk naskahmu. Redaksi tetap akan mengedit ulang, mem-finishing layout dan sampul, atau jika perlu melayout/mendesain ulang sampul. Harga penerbitan tetap sama.
2. KITA Publisher tidak menyimpan banyak stok buku, tapi kami mencetak buku setiap dua minggu. Jadi, kalau kehabisan, pemesan bukumu bisa langsung preorder supaya dicetak di jadwal cetak berikutnya. Selama ada yang pesan, selama itu pula bukumu akan terus dicetak. Kalau kamu ingin langsung cetak dalam jumlah puluhan/ratusan, bisa langsung menginformasikan setelah naskah pracetak selesai diproses.
3. Jika buku yang kamu atau pemesanmu terima terdapat cacat produksi, buku dapat ditukar dengan yang baru. Kontak WA/Line kami untuk prosedurnya. Jika buku yang diterima salah judul, mohon untuk TIDAK membuka segel plastiknya.
4. Desain sampul standar tidak eksklusif (berupa stock images atau stock vector)

G. BAGAIMANA JIKA SAYA INGIN MENAMBAH JUMLAH BUKU YANG SAYA DAPATKAN?

Kamu tinggal menambah biaya cetaknya saja.
Banyak yang bertanya dengan kalimat ini, “Jika dengan Rp. 500.000 penulis dapat 2 buku, berapa yang harus saya tambah supaya dapat 5 buku?”
Pertama, kamu perlu tahu bedanya BIAYA TERBIT dan BIAYA CETAK. Biaya terbit Rp. 500.000 adalah biaya yang kamu keluarkan untuk fasilitas di poin F, yaitu biaya edit, layout, cover, isbn, dan seterusnya. Sedangkan biaya cetak adalah biaya untuk mencetak buku di percetakan. Sehingga jika kamu ingin menambah buku yang kamu peroleh menjadi 5 buku, kamu tinggal membayar biaya cetak 3 buku sisanya (tidak perlu membayar Rp. 500.000 lagi.)
Kedua, biaya cetak buku dapat ditentukan setelah naskah selesai diproses redaksi atau sudah berupa naskah final yang siap cetak karena harga cetak ini bergantung pada jumlah halaman final. Namun, kami dapat memberikan perkiraan harga jika kebutuhan untuk tahu harga buku mendesak.

H. BERAPA ROYALTI YANG SAYA PEROLEH JIKA MENERBITKAN BUKU DI KITA PUBLISHER?

Kamu dapat mengajukan besaran royalti yang diinginkan. Salah satu keuntungan kamu sebagai penulis yang menerbitkan bukunya di KITA Publisher, kamulah penentu royalti yang ingin kamu peroleh. Misalnya harga produksi bukumu Rp. 30.000, royalti yang kamu inginkan Rp. 20.000, maka harga jual bukumu Rp. 50.000. Atau jika kamu ingin royaltimu Rp. 10.000, maka harga jual bukumu Rp. 40.000.
Royalti akan ditransfer pada tanggal 1-3 setiap bulan (biarpun baru 1 buku yang terjual). Royalti ditransfer melalui rek BCA/Mandiri. Royalti tidak dipotong biaya transfer jika ditransfer ke BCA, MANDIRI/SYARIAH MANDIRI, BRI, BNI/BNI SYARIAH, CIMB/CIMB NIAGA, MUAMALAT, BTPN/JENIUS, BSI. Rekening tidak harus milik pribadi, bisa milik keluarga atau teman yang dipercaya. Jika tetap kesulitan, royalti dapat dikirim dalam bentuk selain uang, misalnya pulsa, buku, atau yang lainnya sesuai kesepakatan.

I. DI MANA SAJA BUKU-BUKU KITA PUBLISHER DIJUAL DAN DIPROMOSIKAN?

Semua media sosial KITA Publisher (Fanpage, Facebook, Instagram, Twitter, LiNE, WhatsApp) dan website. Kami belum bekerja sama dengan distributor sehingga buku-buku KITA Publisher tidak masuk ke toko buku fisik. Namun, kami mempersilakan jika penulis ingin mengurus sendiri pemasaran buku tersebut ke toko buku fisik.

J. APAKAH SAYA SEBAGAI PENULIS BOLEH IKUT MEMPROMOSIKAN BUKUNYA?

Sangat dianjurkan. Markerter terbaik dari sebuah buku adalah penulis buku itu sendiri. Penerbit hanya dapat membantu mempromosikan lewat pasar online, tapi kamu bisa aktif berpromosi secara online maupun offline. Peran sertamu yang optimal didukung pengetahuanmu dalam menyebarkan informasi berkualitas mengenai bukumu akan sangat membantu tingkat penjualan. Karena jika kamu sendiri pasif dalam promosi, pembaca semakin sulit untuk tertarik membeli bukumu. Minimal kamu bisa menyebarluaskan dulu ke lingkungan terdekatmu: keluarga dan teman-teman. Mereka adalah fans pertamamu!

K. KITA PUBLISHER ITU PENERBIT INDI ATAU MAYOR?

Indie. Untuk kamu yang baru dengar atau belum paham benar apa itu penerbit indi, apa bedanya dengan penerbit mayor, silakan baca dulu link berikut ini ya.

L. APAKAH KITA PUBLISHER MENERIMA KERJA SAMA PENERBITAN BUKU?

Menerima. Jika komunitas atau sekolahmu atau diri pribadi ingin mengadakan lomba menulis dan membukukan karya tersebut di KITA Publisher, kami bisa memberikan fasilitas sebagai sponsor dengan syarat dan ketentuan tertentu. Silakan kirim proposal/konsep acara ke email kami (isi proposal tidak harus formal).

M. APAKAH KITA PUBLISHER MENERIMA PERMINTAAN CETAK BUKU SAJA (TANPA DITERBITKAN/DIPROSES REDAKSI KITA PUBLISHER)?

Menerima. Jika naskah sudah siap cetak, bisa langsung dikirim ke email kami dalam bentuk pdf untuk naskah dan jpg/png untuk sampulnya. Biaya cetak akan diinfokan di email dengan minimal cetak 10 eksemplar.
Itu saja hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengirimkan naskah ke KITA Publisher. Kalau masih ada yang kurang dipahami, segera kontak kami melalui WhatsApp 0813-7779-0601. Kalau sudah paham, yuk kirim karya terbaikmu dan bergabung bersama keluarga besar KITA Publisher!

Best Regards,
KITA Publisher

Mulailah menulis dan jangan khawatirkan ketidaksempurnaan, karena menjadi seoarang penulis profesional tetap melewati coretan dan goresan kecil.